Breaking News

Selasa, 17 Januari 2017

Class dan Object pada java




        Apa itu Class ? dan Apa itu Object? Diartikel kali ini kita akan membahas dua hal tersebut dimulai dari pengertian, kegunaan hingga bagaimana cara membuatnya pada bahasa pemograman JAVA. Let's Go..

      Class dan Object adalah dasar dari konsep untuk membuat sebuah pemograman berorientasi obyek. Class adalah representasi sebuah tipe data abstrak (Abstract Data Type) yang didalamnya terdapat struktur data dan operasi (fungsi) yang berkaitan dengan struktur data tersebut. Paham ??? Oke, class adalah ibarat sebuah tempat atau wadah yang dimana didalam wadah tersebut nanti terdapat sebuah/beberapa struktur data dan fungsinya. Struktur data di dalam class tersebut biasa juga disebut dengan istilah method atau member function, method sendiri adalah statement-statement program yang disatukan menjadi sebuah fungsi. Ada 3 macam method yang akan digunakan yaitu : 
  • Metode kelas : Metode ini dapat dieksekusi walaupun tidak terdapat objek dalam kelas tersebut. Seperti variabel kelas, metode kelas juga dideklarasikan menggunkan keyword static.
  • Metode objek : Metode ini hanya dapat dieksekusi sehubungan dengan objek tertentu.
  • Metode main() : Metode ini digunakan pada saat aplikasi Java dimulai, menggunakan keyword static. Sebelum aplikasi mulai dieksekusi, diperlukan metode walaupun tanpa objek.
Class dibuat sesuai dengan kondisi nyataartinya bahwa atribut dan operasi didalam sebuah class adalah memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nama class-nya. Misalkan dibuat sebuah class bernama Kendaraan maka class tersebuat setidaknya akan mempunyai atribut berupa merk, jenis kendaraan, kecepatan, dan warna kendaran. Sedangkan untuk methodnya yang berisi fungsi/operasinya misalkan adalah berjalan, berhenti, mengklakson dan nyalakan lampu.


cara membuat class pada java :


//deklarasi kelas (Untuk deklarasi nama Class)
Public class Kendaraan {
//body kelas (Berisi Struktur data dan method-method operasinya)
}

    Object sendiri merupakan instansiasi sebuah class. Class bertindak sebagai template sedangkan object adalah realisasi dari template tersebut, sehingga ketika program dijalankan maka yang bertindak sebagai pelaku utamanya adalah object, bukan class. Paham ???  Oke, intinya adalah object akan mewakili class untuk menjalakan method atau operasinya. Sebuah class bisa memiliki lebih dari satu object dengan syarat masing-masing object berbeda namanya. Misalkan class Kendaraan memiliki object mobil, motor dan sepeda ontel beda-beda kaaan, seperti itu !!!.

cara membuat object pada java :

namaClass  namaObject = new namaClass();

contoh program PBO sederhana :

Public class Kendaraan {
        //membuat method berjalan
        public void berjalan(){
            System.out.println("Mobil Berjlana");
        }

        //membuat method berhenti
        public void berhenti(){
            System.out.println("Mobil Berhenti");
        }
        
        //membuat method mengklakson
        public void mengklakson(){
            System.out.println("Beeeeeppp");
        }

        //membuat method main
        public static void main(String[] args){
          //membuat object
          Kendaraan Mobil = new Kendaraan();
          //menjalankan operasi
          Mobil.berjalan();
          Mobil.mengklakson();
          Mobil.berhenti();
        }
}

    Diatas adalah contoh program sederhana PBO dengan class Kendaraan, mudahkan ?. Silakan sharing, berdiskusi atau memberi saran pada kolom komentar dibawah. Terimakasih. Semoga bermanfaat dan dapat membantu tugas-tugas anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By